Teach Write Learn

 

Alasan Kuat Ngeblog & Trik Jitu Atur Waktu

2 komentar

 

 

Mengenai alasan kuat ngeblog yang katanya harus ada alasannya karena merupakan salah satu cara untuk motivasi kita agar serius ngeblog sepertinya bisa iya bisa juga tidak demikian. Karena ada beberapa orang yang menulis di blog hanya bermodal ikut-ikutan tanpa alasan spesifik. Namun yang pastinya menurut saya kita harus mempunyai minimal sebuah alasan yang cukup mendasar dalam membuat blog karena alasan ngeblog menjadikan kuat tidaknya keinginan untuk memposting tulisan kita ke publik. Untuk itu alasan kuat nge blog dan trik jitu atur waktu dalam nge blog akan saya uraikan di sini.

Alasan-alasan yang klise terlihat sederhana sekalipun kalau memang itu merupakan sesuatu yang bisa menjadikan kita berkeinginan kuat dalam menulis sebuah blog, maka beruntungnya kita karena telah ada dalam momen yang memberikan oase kehidupan melalui blog ini. Bukanlah hal mudah dalam menjaga konsistensi dalam memposting sebuah tulisan kita di dalam blog kita sendiri. Sangat sulit ketika keinginan itu ada namun beberapa kewajiban hidup harian kita menuntut untuk lebih diutamakan

Alasan Kuat Ngeblog

Beberapa alasan kuat untuk ngeblog dapat saya uraikan sebagai berikut :

1.    Saya ingin melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk orang lain. Dari tulisan-tulisan saya yang saya harapkan menjadi sebuah inspirasi ataupun salah satu sumber pengetahuan. Dengan memberikan tulisan yang isinya bermanfaat maka otomatis akan memberi nilai manfaat. Adapun tulisan bermanfaat harus dibuat dengan penuh kesadaran dan ilmu yang diramu dalam tulisan yang berkualitas.

2.    Saya ingin ilmu saya mengikat. Atau bahasa lainnya saya ingin mengikat ilmu. Mengikat ilmu yang saya dapatkan dari sekitar. Yaitu salah satu caranya dengan menuliskannya kembali dalam sebuah blog. Mengikat maksudnya dalam hal ini agar tidak lupa. Agar ilmu yang kita dapat akan terus disalurkan kepada yang lainnya. Dan tentunya akan menjadi nilai ibadah tersendiri untuk diri kita. Seperti yang ada dalam sebuah hadits bahwa amalan yang akan selamanya abdi meski kita telah meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat.

3.    Menyalurkan hobi yang saya sukai yaitu dunia menulis. Dengan adanya blog merupakan saran pemicu seorang penulis dalam membuat sebuah tulisan. Karenanya blog menjadi sesuatu yang penting bagi seorang penulis. Dimana yang hobi menulis mendapat tempat tersendiri menyalurkan tulisan-tulisannya. Alhamdulillah dapat belajar dari mba Marita yang baik hati di blogspedia coaching for newbie.  

      4.    Agar rutin membaca. Dengan hobi menulis dan menuliskannya di blog yang tentunya akan banyak yang membacanya membuat saya akan rajin membaca. Karena tanpa bahan bacaan tak mungkin sepertinya saya menghasilkan tulisan yang baik. Karena dengan blog maka akan menghasilkan tulisan tanpa adanya sebuah editor resmi, melainkan mengedit sendiri atau self editing sangat dibutuhkan. Dalam blog layaknya dalam perusahaan penerbitan tentunya sudah langsung terpublish, terlepas apakah editan kita benar atau tidak. Mengurangi kesalahan-kesalahan dalam penulisan ataupun informasi yang akan kita sampaikan tentunya kita harus punya rujukan buku dan sumber-sumber yang mumpuni. Oleh karena itu dengan ngeblog tentunya akan membuat kita juga rutin membaca mau tidak mau agar tulisan bagus dan tidak malu akan kesalahan tulisan dengan hasil tulisan yang telah terpublish umum.

5.    Self Healing. Menulis juga merupakan terapi kejiwaan bagi saya. Psikologi saya sedikit terbantu bila sedang ada masalah dalam kehidupan dengan menuliskannya dalam sebuah rancangan tulisan yang akan saya buat. Bagi saya dengan menulis dapat membuat saya rileks dan merasa teralihkan menjadi kebahagiaan jika awalnya kita merasa sedih atau mempunyai masalah yang sangat mengganggu.

6.    Membantu pekerjaan saya sebagai seorang guru dalam merangkum bahan-bahan yang akan diberikan kepada para siswa-siswi sehingga pembelajaran yang akan saya sampaikan akan lebih terarah. Dan tentunya dengan blog ini akan membuat saya lebih terpacu untuk menjadi guru yang berkualitas secara keilmuan dan mendorong sebagai guru penulis, sehingga sinkron dengan pekerjaan sebagai guru yang harus menjadi contoh baik bagi para murid.

7.    Memberikan nilai lebih ekstra yang bisa menjadikan penghasilan bila diseriusi dan diniati lebih dalam. Untuk hal ini bagi saya nilai ekstra atau bonus dalam ngeblog. Namun tidak dipungkiri saya pun membutuhkannya. Karena tentunya sodaqoh akan terus mengalir amalannya bila kita telah meninggal sekalipun. Untuk itu dengan adanya penghasilan ekstra ini akan saya gunakan sebagian untuk sodaqoh jariah. Dan tentunya sebagian untuk mengupgrade pengetahuan dengan memberi asupan materi keilmuan bila ada penghasilan ekstra daro ngeblog yaitu digunakan untuk membeli buku-buku sebagai bahan bacaan bernutrisi untuk menulis dalam blog.

8.    Dengan blog dapat bersilaturrahim baik itu dengan komunitas, ataupun dengan murid-murid tercinta yang mengambil bahan tulisan sebagai referensi tugas-tugas yang kita berikan kepada mereka.

9.    Dapat meningkatkan nilai diri. Dengan dikenalnya kita sebagai blogger akan memberikan nilai tambah dalam diri kita. Kualitas diri akan terus berusaha untuk diupgrade sehingga melalui blog akan menambah nilai diri atau kualitas diri kita terutama sebagai seorang penulis dan juga guru.

Trik Jitu Atur Waktu

Mengatur waktu tidak dipungkiri menjadi suatu cara yang jitu agar blog selalu aktif dan berlanjut dengan jadwal dan waktu yang telah kita tentukan, namun adakalanya kesibukan seharian penuh yang membuat kita pada akhirnya kelelahan dan meninggalkan blog. Hal tersebut menjadi sebuah pecutan agar tidak terulang lagi. Untuk ke depannya saya akan mengatur waktu dengan lebih optimal agar blog tidak diam di tempat ketika kita banyak kegiatan lainnya. Adapun rencana yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut :

1.    Membuat jadwal tersendiri di pagi sebelum subuh atau di waktu setelah sholat di sepertiga malam. Hal tersebut merujuk dari beberapa pendapat bahwa waktu di saat-saat tersebut bagus sekali untuk mendatangkan ide-ide cemerlang untuk menulis. Atau kita dapat melakukannya di waktu sore menjelang maghrib. Menurut beberapa pendapat juga di waktu tersebut baik untuk mengingat sesuatu hafalan. Maka bila kita mencari ide atau menulis maka akan mudah mengalir. Adapun saya mengambil momen-momen di dua waktu tersebut karena saya merasa kesulitan membuat ide tulisan. Maka saya akan mencoba lebih serius untuk mempraktekkannya sesegera mungkin di dua waktu yang konon katanya waktu terbaik untuk belajar tersebut.

2.    Setelah membuat jadwal maka saya akan membuat target banyaknya tulisan yang akan saya buat. Saya akan menargetkan satu hari minimal satu tulisan. Oleh karena itu dengan dua waktu di sebelum subuh dan sebelum magrib itu minimal membuat satu tulisan namun tentunya target saya akan membuat dua atau lebih tulisan perharinya. Dan saya akan komitmen harus melakukannya selalu di dua waktu tersebut.

Gitu aja sih cara aku ngatur waktunya. Yang pastinya masing-masing kita punya manajemen waktu yang lebih dikuasai. Disesuaikan dengan kondisi maupun situasi yang kita hadapi. Jadi ga ada benar ga ada salah yang salah. Namun jangan sampai kita ga punya manajemen waktu untuk beragam aktifitas kita ya, karena bias ambyar hehe.

Itulah alasan kuat ku dalam nge blog dan beberapa trik jitu mengatur waktu agar bias tetap nge blog, meski terkadang sulit sekali diterapkan jika tidak disiplin yang dimulai dari dalam diri kita sendiri.Nah, kalau kamu gimana? Apa alasan kuat kamu nge blog dan gimana juga atur waktunya. Ceritain ya di kolom komen di bawah ini. 

Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

2 komentar

  1. Bu guru memang beda kalau menulis ya :) runtut dan detail. Semoga tetap bisa konsisten menulis di tengah padatnya kegiatan mbak :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih mba Marita, iya mba semoga bisa konsisten aamiin, butuh seorang insporator seperti mba Marita, terimakasih ya mba :) Barokalloh

    BalasHapus

Posting Komentar