Teach Write Learn

 

Istilah Dalam Blogging yang Wajib Blogger Ketahui

 


Istilah-istilah Blogging yang Wajib Kita Ketahui

Setelah menentukan dan memahami The Big Why & Adab Ngeblog, materi selanjutnya di Kelas Blogspedia Coaching for Newbie membahas mengenai, "Platform, Niche & Istilah Blogging". Hasil resume materi ini maka sebelum masuk kepada istilah-istilah dalam blogging yang wajib blogger ketahui, saya akan mengupas tuntas dulu mengenai Platform dan Niche yang merupakan awalan pemahaman istilah-istilah penting lainnya.

Platform

Dalam memulai blogging, hal pertama yang kita butuhkan adalah sebuah tempat dimana kita akan membangun blog kita, orang-orang menyebut hal itu sebagai platform. Nah ternyata dalam dunia blogging terdapat 2 platform gratis yang populer yaitu Blogspot dan wordpress.

Bagi pemula, Coach pelatihan blog saya yaitu Mbak Marita Ningtyas menyarankan menggunakan blogspot sebagai platform yang digunakan untuk blogging. Hal ini karena blogspot meski gratis namun tetap bisa dipasangi google analytics dan google search console, sementara wordpress tidak bisa. Bahkan ketika wordpress sudah dipasangi custom domain, google analytics dan google search console tidak bisa dipasang didalamnya. Sedangkan 2 hal ini sangat penting dalam kinerja blogging.

Alasan berikutnya yaitu karena fitur-fitur wordpress terbatas. Plugin-plugin yang ada di wordpress self hosted dimana tidak semuanya bisa diakses di wordpress. Seperti saat kita mau memasang adsense, kalua di blogspot tanpa custom domain pun bisa dipasangi adsense, sedangkan wordpress tidak. Ketika mau lebih professional dengan blogspot pun dapat dengan mudah kita lakukan, dimana kita hanya perlu membeli domain saja. Dengan harga beragam dan dapat disesuaikan dengan kemampuan kita. Berbeda jika menggunakan wordpress, yaitu selain harus membeli domain kita pun harus membeli hostingnya juga.

Jika sudah ada platform gratisan, maka apakah apakah kita masih perlu membeli domain? Tentu saja perlu, karena jika kita ingin menjadi lebih profesional dan terpercaya baik di mata klien maupun di mata para pembaca. Maka dengan memasang domain kita sendiri, kitapun turut membangun branding di dunia blogging. Juga agar blog kita lebih mudah diingat dan dikenali. Tentunya hasil akhirnya adalah para klien pun lebih mau bekerja sama dengan blog yang sudah top dengan level domain.

Niche

Setelah platform, berikutnya adalah tentang niche. Secara sederhana niche dapat dipahami sebagai sebuah tema atau topik dalam suatu blog. Niche ini terdiri dari dua macam yaitu lifestyle blog dan specific blog. Lifestyle blog yaitu mempunyai arti di dalam satu blog berisikan banyak sekali tulisan misalnya ada tulisan mengenai parenting, education, travelling, ataupun cooking. Sedangkan specific blog hanya terdiri dari satu jenis tulisan misalnya blog yang hanya membahas mengenai forografi ataupun edukasi saja.

Adapun kedua macam niche tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan Lifestyle blog memudahkan kita untuk menulis tema apapun, jarang menemukan buntu ide karena segala hal dapat kita tulis. Dan keunggulan lain kita dapat menerima job dengan topik beraneka ragam juga. Namun disayangkan membangun brandingnya agak lebih lama, karena kita menulisnya secara campur.

Berbeda dengan niche specifik blog dimana hanya menulis mengenai fotografi saja atau edukasi saja. Kelebihannya blog kita akan lebih mudah diingat. Akan tetapi kekurangannya yaitu ruang lingkup tulisan sempit, dan kemungkinan besarnya buntu ide. Dan tawaran pekerjaan yang bisa diterima terbatas. Oleh karena itu jika belum menemukan niche yang paling kita inginkan atau andalkan, maka lifestyle blog bisa menjadi pilihan tepat. Dan lambat laun kelak kita akan menemukan satu topik tulisan yang akan kita kuasai dan sukai. Maka mulailah nge blog dengan niche spesifik blog.

Adapun niche yang telah kita pilih nantinya akan menuntun kita dalam menentukan judul, tagline dan logo blog. Untuk itu disarankan pilihlah yang mudah diingat dan menjadi branding.

Istilah-istilah Blogging

1.  Platform

Yaitu jenis mesin blog, bahasa sederhananya adalah sebuah tempat untuk kita membuat blog. Ada blogspot, wordpress, wix, dan sebagainya.

 

2.  Template/ theme

Yaitu tema tampilan blog. Kita dapat menggunakan tema yang sudah disediakan oleh blogspot atau wordpress. Ataupun tema yang telah disediakan oleh pihak ketiga

 

3.   Niche

Yaitu topik atau tema dalam suatu blog

 

4.  Meta deskripsi

Yaitu penjelasan Mengenai kata kunci blog kita. Akan muncul saat blog kita ada di mesin pencari. Meta deskripsi ini berlaku untuk blog dan masing-masimg artikel yang ada di blog.

 

5.  Dashboard

Yaitu ruang kerja blogger. Di sini kita bisa membuat dan mengedit tulisan, melihat jumlah tayangan blog, membaca dan menghapus komentar, mengelola pengaturan terkait blog.

 

6.  L.ayout

Yaitu tata letak. Secara umum; ada header, body, sidebar dan footer.
Header: menampilkan judul blog
Body: menampilkan isi utama blog (artikel)
Sidebar:  sisi samping, biasanya diisi dengan widget profile, arsip, popular post. Ini bisa ada di 2 sisi, kiri dan kanan. Namun disarankan menggunakan sidebar di sisi kanan, karena orang cenderung membaca di sebelah kiri. Jadi yang kiri untuk body yang berisi artikel kita.

7.  Footer

Yaitu bagian paling bawah yang menampilkan copyright.

 

8.    Widget/ gagdet

Yaitu aplikasi-aplikasi tambahan di blog. Seperti profile, popular post dan sebagainya yang bias kita tambah atau kurangi.

 

9. URL

yaitu alamat blog, atau postingan, diawali dengan http/ https, www.

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, Dimana URL memiliki pengertian yaitu cara mengidentifikasi lokasi file di internet. Jadi dalam garis besar, URL adalah sebuah cara bagaimana kita menemukan sebuah lokasi file yang berada di internet, Baik berupa situs, gambar, video, program perangkat lunak, ataupun jenis file lainnya yang di-host di server.

10. Domain

Contoh sub domain maritaningtyas.blogspot.comdaydiksi.blogapot.com
Contoh top level domain: maritaningtyas.comblogspedia.my.id,

Saat domain kita sudah custom, maka kita tidak bisa dengan bebas gonta-ganti.  jadi pastikan memilih nama domain yang tidak akan pernah disesali.

Cara memilih domain: jangan terlalu panjang, karena nanti url postingan yang baik dan SEO friendly tidak boleh lebih dari 75 karakter, kalau domain blog kita sudah panjang. Nanti saat membuat url postingan malah pusing sendiri.

Jangan pakai angka dan strip, hal itu bsa menaikkan spam score. Gunakan kata-kata yang mudah diingat orang, tidak susah ngetiknya. Pilih yang memperkuat branding. Personal blog biasanya menggunakan nama blogger sebagai domainnya.

11. Blogwalking

Yaitu berkunjung ke blog lain untuk membaca artikel dengan atau tanpa meninggalkan komentar di dalamnya.

 

12. Monetisasi

Yaitu memaksimalkan blog sebagai sarana mendapat penghasilan; bisa lewat pasang adsense, menerima iklan banner, placement content, job review.

 

13. Google Analytics

yaitu fasilitas dari Google yang memudahkan kita untuk mengetahui jumlah penayangan blog, target pembaca, usia pembaca, artikel paling banyak dicari, dsb.

 

14. Google Search Console

Yaitu fasilitas dari Google yang memudahkan kita untuk melakukan indexing artikel blog.

 

15. Domain Authority & Page Authority

yaitu penilaian blog dikeluarkan oleh Moz.
Alexa: rank dari Amazon, untuk memperlihatkan traffic.

16. Domain Rating

Yaitu sejenis dengan DA/ PA tapi dikeluarkan oleh Ahrefs. DA/ PA, Alexa, DR -- Biasanya digunakan sebagai standar agensi/ klien untuk filterisasi pemberian job kepada blogger.

 

17. SEO

yaitu search engine optimization. Teknik ngeblog yang bertujuan agar blog kita lebih mudah masuk ke mesin pencari. Ada dua cara: on page dan off page.

 

18. Content Planner

Yaitu merencanakan jadwal ngeblog.

 

19. Rate Card

Yaitu sebuah 'Pricelist’ kita sebagai blogger.

 

20. Backlink

Yaitu link yang masuk ke sebuah situs atau web. Ada dua jenis; internal backlink dan external backlink. Internal backlink: link yang mengarah ke artikel lain di dalam blog kita. External backlink: link yang mengarah ke artikel/ blog luar.

Baiklah guys demikian resume materi kedua mengenai Platform, Niche & Istilah Blogging di kelas Blogspedia Choaching for Newbie yang di mentori oleh Mbak Marita Ningtyas. Jangan lupa untuk menentukan niche blog dengan matang ya Guys. Hal itu agar kita bisa menyusun judul, tagline dan logo yang mampu meningkatkan branding. Selain itu dengan istilah-istilah blogging yang wajib blogger ketahui ini maka akan memudahkan kita mengoptimalkan blog yang kita miliki. Salam sukses, semoga kita bisa membuat blog terindah.

Referensi:
Blogspedia Coaching Batch 1 bersama Marita Ningtyas

 

Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

Posting Komentar